Pembukuan Keuangan Sederhana

Aplikasi Penyusunan Anggaran

Analisa anggaran usaha Anda

Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran


Menjalankan bisnis tentu tidak lengkap tanpa pembukuan keuangan. Dalam setiap transaksi keuangan yang dilakukan dalam berbisnis, tentunya Anda membutuhkan pembukuan keuangan untuk mengetahui keuntungan, kerugian, serta biaya yang paling besar atau paling kecil dalam setiap transaksi

Pembukuan keuangan ini dapat dibuat bagi Anda yang memiliki bisnis kecil maupun besar sekalipun. Meskipun pembukuan keuangan ini terbilang harus rinci dan tertulis dengan lengkap, namun manfaatnya sangat besar untuk bisnis yang Anda jalankan. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Simak poin-poin dibawah ini

Pengertian Pembukuan Keuangan Sederhana


Pembukuan merupakan proses pengumpulan data dan informasi yang dilakukan dengan cara mencatat. Pembukuan keuangan merupakan proses pencatatan yang dilakukan secara teratur berkaitan dengan modal, penghasilan, biaya, harta, kewajiban, dan lain sebagainya.
Biasanya, data dan informasi yang dicatat dari pembukuan keuangan sederhana ini digunakan untuk menyusun laporan keuangan berupa neraca, laporan keuntungan dan kerugian perusahaan dalam satu tahun periode pajak. 

Manfaat Pembukuan Keuangan Sederhana

Manfaat menggunakan pembukuan keuangan sederhana ini bermacam-macam. Anda dapat memperoleh setiap manfaat dari satu aktivitas pembukuan yang dilakukan setiap harinya. Jika Anda melakukan dengan rutin, maka akan mendapatkan manfaat yang besar dari aktivitas ini. 

1.       Mengetahui laba dan rugi perusahaan
Dalam setiap aktivitas transaksi yang Anda lakukan melalui pembukuan keuangan sederhana ini dapat diketahui besarnya nominal biaya serta pemasukan yang diterima. Dalam hal ini, pihak perusahaan dapat memantau dan menganalisis rincian tersebut untuk memproses tindakan lebih lanjut.
Dengan mengetahui detail transaksi yang tertulis, maka pihak perusahaan akan mengetahui perkembangan keuangan bisnis yang dijalankan baik dalam bentuk kerugian maupun keuntungan. Sehingga dapat dilakukan kebijakan yang tepat selanjutnya. 

2.       Mengetahui detail transaksi yang dilakukan
Jika setiap transaksi dicatat dan dimasukkan dalam pembukuan, maka data administrasi Anda akan lengkap. Pencatatan yang rapi dan teliti beserta nominalnya akan memberikan pengaruh yang bagus terhadap bisnis yang Anda jalankan. 

3.       Bahan penilaian bisnis
Pencatatan pembukuan keuangan ini dapat menjadi salah satu gambaran bagaimana bisnis yang Anda jalankan. Dengan catatan yang rinci mengenai keuangan Anda dapat menyusun strategi untuk kebijakan yang lebih baik berkaitan dengan penyesuaian terhadap pendapatan yang diperoleh. 

Metode Pembukuan Keuangan Sederhana

Terdapat dua metode yang dapat digunakan pada saat pembuatan pembukuan keuangan sederhana, yaitu pembukuan masukan tunggal dan pembukuan berpasangan. Pembukuan masukan tunggal merupakan sumber catatan pembukuan yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran saja. Biasanya pencatatan dengan metode ini digunakan oleh perusahaan kecil dengan transaksi yang sedikit saja.
Sedangkan pembukuan dengan metode berpasangan merupakan dua akun yang terdiri dari akun pemasukan (debit) dan akun pengeluaran (kredit). Biasanya metode ini digunakan oleh bisnis yang telah berkembang pesat serta membutuhkan sistem yang lebih detail.

Tahap Melakukan Pembukuan Keuangan Sederhana

Jika Anda sudah memiliki bisnis yang dijalankan, jangan lupa untuk membuat pembukuan keuangan dengan tahapan seperti berikut ini. 

1.      Memisahkan rekening pribadi dan bisnis
Jika Anda memiliki bisnis bahkan pada saat merintis pun, harus memisahkan antara rekening pribadi dan rekening bisnis. Hal ini dilakukan agar memisahkan harta yang dimiliki secara pribadi maupun harta dari bisnis yang Anda jalankan.

2.       Membuat detail format pembukuan keuangan sederhana
Dengan membuat format pembukuan yang singkat, padat, dan jelas maka pembukuan yang Anda buat juga semakin bagus. Setiap orang dapat melihat arus keluar masuknya uang dari bisnis yang Anda jalankan.

3.       Mencatat transaksi dengan rinci
Jika Anda memiliki pegawai maupun Anda sendiri yang melakukan pencatatan, pastikan Anda telah mencatat setiap transaksi secara rinci agar dapat mengetahui pemasukan dan pengeluaran dari transaksi yang Anda lakukan. 

Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana

Bagi Anda yang memiliki usaha mikro dan menengah serta ingin membuat laporan pembukuan keuangan sederhana. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis laporan pembukuan sederhana yang wajib dibuat dan juga contoh pembukan keuangan sederhana secara lebih lengkap. 

Contoh Pembukuan Keuangan Neraca Keuangan Sederhana

Pembukuan keuangan sederhana pertama yang wajib dibuat adalah laporan neraca keuangan. Anda bisa membuat neraca keuangan sederhana seperti pada gambar berikut ini. Akun rekening dapat Anda sesuaikan dengan bidang usaha yang dijalankan.


Pembukuan Keuangan Laporan Laba Rugi Sederhana

Pembukuan keuangan sederhana berikutnya yang bisa Anda buat juga adalah laporan laba rugi untuk mengetahui laba dari usaha Anda. Anda bisa coba buat laporan laba rugi seperti contoh pembukuan keuangan sederhana laba rugi beirkut ini.


Contoh Pembukuan Keuangan Laporan Arus Kas Sederhana

Anda juga bisa membuat laporan pembukuan keuangan sederhana berupa arus kas seperti berikut ini. Untuk mengetahui aktivitas transaksi kas masuk dan kas keluar.


Contoh Pembukuan Keuangan  Laporan Perubahan Modal Sederhana

Yang terakhir, Anda bisa buat pembukuan keuangan sederhana berupa laporan perubahan modal atau perubahan ekuitas seperti contoh berikut ini.


Demikian penjelasan tentang pembukuan keuangan sederhana ini. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami dan menjadi informasi dari pembukuan keuangan Anda. Selamat mencoba!

Related : Pembukuan Keuangan Sederhana