Apakah isi dalam Teori Stakeholder (Stakeholder Theory)? Berikut adalah isi dari Teori Stakeholder yang telah saya rangkum dari berbagai sumber. Teori ini adalah salah satu teori yang saya pakai dalam skripsi saya.
Semua stakeholder memiliki hak
untuk memperoleh informasi mengenai aktivitas perusahaan yang memengaruhi
mereka. Pada awalnya, pemegang saham sebagai satu-satunya stakeholder perusahaan. Pandangan ini di dasarkan pada argumen yang
disampaikan Friedman (1962) yang mengatakan bahwa tujuan utama perusahaan
adalah untuk memaksimumkan kemakmuran pemiliknya. Namun demikian, Freeman
(1983) tidak setuju dengan pandangan ini dan memperluas definisi stakeholder dengan memasukkan konstituen
yang lebih banyak, termasuk kelompok yang tidak menguntungkan (adversarial group) seperti pihak yeng
memiliki kepentingan tertentu dan regulator (Ghozali dan Chariri, 2007:409)
Menurut Ghazali
dan Chariri (2007:409), Teori Stakeholder
merupakan teori yang menyatakan bahwa perusahaan bukanlah entitas yang hanya
beroperasi untuk kepentingan sendiri, namun harus memberikan manfaat kepada
seluruh stakeholder-nya (pemegang
saham, kreditor, konsumen, supplier,
pemerintah, masyarakat, analis, dan pihak lain). Kelompok stakeholder inilah yang menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen
perusahaan dalam mengungkap atau tidak suatu informasi di dalam laporan
perusahaan tersebut. Tujuan utama dari teori stakeholder adalah untuk membantu manajemen perusahaan dalam
meningkatkan penciptaan nilai sebagai dampak dari aktivitas-aktivitas yang
dilakukan dan meminimalkan kerugian yang mungkin muncul bagi stakeholder.
Meskipun stakeholder theory mampu memperluas
perspektif pengelolaan perusahaan dan menjelaskan dengan jelas hubungan antara
perusahaan dengan stakeholder, teori
ini memiliki kelemahan. Gray et al (1997)
mengatakan bahwa kelemahan dari stakeholder
theory terletak pada fokus teori tersebut yang hanya tertuju pada cara-cara
yang digunakan perusahaan dalam mengatur
stakeholder-nya. Perusahaan hanya diarahkan untuk mengidentifikasi stakeholder yang dianggap penting dan
berpengaruh dan perhatian perusahaan akan diarahkan pada stakeholder yang dianggap bermanfaat bagi perusahaan. Mereka yakin
bahwa stakeholder theory mengabaikan
pengaruh masyarakat luas (society as a
whole) terhadap penyediaan informasi dalam pelaporan keuangan (Ghozali dan
Chariri, 2007:411).
Sumber Pustaka:
Freeman, R.E., and Reed. 1983. Stockholders and stakeholders: a new
perspective on corporate governance
Friedman, Milton. 1962. Capitalism and Freedom. Chicago:
University of Chicago Press
Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Gray, dkk 1997. Manajemen Proyek. LPFE Universitas
Indonesia
Tags
:
Teori Akuntansi
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?